Kartu Pos Yang Menyelamatkan Hidup Banyak Orang

Clayton, Melbourne 29 Juni 2013

Hari ini saya memutuskan untuk di rumah saja, karena ada permintaan tambahan verifikasi data dari supervisor saya terkait materi publikasi penelitian kami yang direview oleh JCAE. Jika sudah selesai verifikasi, maka saya juga jadi lebih nyaman untuk janjian dengan supervisor terkait approval beberapa dokumen untuk enrollment PhD saya di kampus. Tambahan datanya banyak juga, sehingga baru selesai dikerjakan pada pukul 19.00. Ya ambil sisi baiknya saja, pemanasan sebelum masuk arena sebenarnya, selain juga kesempatan untuk beristirahat di rumah. Untuk itu, untuk postingan hari ini, kita cerita yang lain saja, yaitu cerita tentang kartu pos dan berbagi rahasia. Simak ceritanya.
**

Sumber: www.postsecret.com

Gambar diambil dari http://www.postsecret.com

All our loneliness is just an illusion

tulisan di atas menyelamatkan nyawa seseorang yang berniat ingin bunuh diri akibat depresi dan masalah kesehatan mental yang dihadapinya sejak remaja. Kalimat tersebut ditulis di kartu pos, kemudian dikirimkan ke kotak surat Frank Warren, yang lalu menerbitkannya via web di http://www.postsecret.com/. Web dengan format blog tersebut, sudah dikunjungi oleh 600 juta orang yang kemudian menjelma menjadi sebuah komunitas yang saling menguatkan para anggotanya satu sama lain guna menghindari perilaku frustrasi, depresi dan keinginan untuk bunuh diri.

Bagaimana Frank memulainya? Saya secara kebetulan mendapatkan cerita Frank lewat sebuah paparannya di TED, di mana TED waktu itu khusus mengundang orang-orang “biasa” yang memiliki proyek sederhana tapi bisa menyelamatkan banyak orang. Frank memulainya dengan membagikan kartu pos kosong dengan alamat PO BOX yang telah ia siapkan secara acak ke orang-orang di kotanya. Ia meminta orang-orang tersebut untuk menceritakan rahasia yang belum pernah diceritakan ke orang lain. Tentunya rahasia yang dituliskan di kartu pos tersebut dalam kondisi tanpa nama (anonymous) sehingga rahasianya tetap terjaga. Dalam waktu seminggu, Frank mendapatkan tanggapan yang luar biasa, sehingga gudang di rumahnya sudah kepenuhan dengan kartu pos yang datang bertubi-tubi. Sambutan semakin banyak, tidak hanya dari Amerika, tetapi juga seluruh dunia, ketika Frank kemudian menerbitkan kartu pos tersebut di web.

Saat ini Frank dan komunitasnya Secret Post juga sering mengadakan tur ke seluruh dunia dan mengundang beberapa orang untuk berbicara dan membagi cerita serta testimoni tentang rahasia mereka, perasaan kesendirian, depresi dan kesedihan yang mereka rasakan. Forum ini diadakan di Amerika, Eropa dan Australia, dan tiketnya selalu terjual habis.  Komunitas Secret Post juga bisa diikuti via Facebook dan Twitter.

Apa yang dilakukan oleh Frank dan komunitas Secret Post sangat menarik bagi saya. Pertama, bahwa kita bisa melakukan banyak hal – bahkan terkadang hal yang sederhana – untuk bermanfaat bagi orang lain. Kedua, Frank menunjukkan bahwa kita bisa lebih kuat menghadapi masalah yang kita hadapi jika kita mau jujur berbagi dan menghadapinya bersama-sama. Ketiga, bahwa sesulit apapun hidup kita, ternyata masih ada orang yang memiliki masalah lebih pelik dan rumit dari yang kita miliki. Ini mendorong kita untuk lebih bersyukur dalam menjalani hidup. Bagaimana dengan Anda?

**
Itu dulu postingan untuk hari ini. Besok, saya akan jalan-jalan ke Williamstown Beach. I will tell you about that trip later. Till tomorrow!

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s